Indonesia

Tempat Wisata Banyuwangi: Destinasi Wisata Terbaik di Jawa Timur

Banyuwangi menjadi tujuan liburan favorit di ujung timur Pulau Jawa1. Daerah ini berbatasan langsung dengan Selat Bali. Memiliki panorama alam yang menakjubkan, termasuk pantai eksotis dan Kawah Ijen1. Wisatawan domestik dan mancanegara menyukai keindahan tempat ini.

Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi menyambungkan ke Pulau Bali. Ini membuat wilayah ini ramai dikunjungi. Wisatawan dapat menikmati pantai-pantai indah dan taman nasional yang mengagumkan1. Banyuwangi benar-benar surganya bagi pencinta alam dan petualang.

Pesona Alam Wisata Banyuwangi yang Menakjubkan

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di ujung timur Jawa Timur. Di sana, Anda bisa menemukan banyak pesona alam yang luar biasa2. Destinasi alamnya mengundang minat dari wisatawan lokal dan internasional2. Kawah Ijen dengan warna hijau turquoise-nya terkenal di sini2. Tapi, Banyuwangi juga punya taman nasional dan pantainya sendiri yang menarik banyak pengunjung.

Kawasan Pantai yang Mempesona

Ada banyak pantai indah di Banyuwangi untuk dinikmati. Misalnya, Pantai Plengkung yang dikenal dengan ombak raksasa2. Pantai Pulau Merah menawarkan pemandangan unik dengan tanahnya yang berwarna merah dan air yang jernih2. Lalu, ada Pantai Sukamade di Taman Nasional Meru Betiri yang terkenal karena peneluran penyu2. Pantai Teluk Hijau dan Pantai Wedi Ireng juga memiliki pemandangan yang tak kalah indah.

Taman Nasional yang Memukau

Banyuwangi tidak hanya punya pantai, tapi juga taman nasional yang menakjubkan2. Mulai dari Taman Nasional Baluran yang mirip savana Afrika3. Lalu, ada Taman Nasional Alas Purwo yang penuh dengan hutan tropis dan gua-gua2. Taman Nasional Meru Betiri punya lebih dari 520 jenis tumbuhan dan hewan langka seperti harimau Jawa.

Banyuwangi juga punya banyak destinasi alam menarik lainnya. Misalnya, Jawatan Benculuk dengan pepohonan raksasa3. Atau Pantai Pulau Santen yang terkenal karena pohon Santennya2. Dan Pantai Ngagelan di Alas Purwo yang jadi lokasi peneluran penyu2. Dengan semua ini, Banyuwangi menawarkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan bagi para pengunjung243.

Kawah Ijen: Keajaiban Alam Banyuwangi

Salah satu tempat wisata unggulan di Banyuwangi adalah Kawah Ijen5. Kawah Ijen menjadi terkenal karena blue fire-nya, yang terjadi saat gas belerang bercampur dengan udara dan terbakar5. Untuk melihat blue fire, pengunjung harus mendaki selama 2 jam ke puncaknya, yang setinggi 2.799 meter di atas laut6.

Kemudian ada danau berwarna hijau toska di puncak kawah yang sangat memukau. Kawah Gunung Ijen memiliki danau asam terluas di dunia, seluas 1,800 hektar dan dalamnya mencapai 200 meter7. Danau itu sangat asam, dengan tingkat pH sekitar 0.1-0.37.

Sebelum menikmati blue fire, penting untuk siap-siap. Dianjurkan membawa jaket tebal, masker, senter, dan kenakan sepatu yang nyaman6. Jangan lupa, waktu terbaiknya adalah tengah malam6.

Buat yang baru pertama kali, lebih baik pakai jasa pemandu lokal. Harganya sekitar Rp150.000 per orang, dan satu pemandu bisa maksimal bawa 6 orang6. Mereka akan pastikan pengalaman lihat blue fire jadi aman dan nyaman.

Gunung Ijen juga tempat produksi belerang terbesar dunia. Belerangnya dipakai di industri kimia, farmasi, dan tambang7. Taman Nasional yang mencakup area Gunung Ijen berukuran 5,500 hektar, menyimpan keanekaragaman hayati yang kaya7.

Kawah Ijen menawarkan pemandangan api biru antara jam 01.00 hingga 04.00 WIB. Terakhir, tempat ini juga habitat bagi beruang madu yang dilindungi negara765.

tempat wisata banyuwangi

Banyuwangi di Jawa Timur dikenal dengan tempat wisata menarik. Mulai dari pantai yang indah hingga taman nasional yang luas, ini salah satu destinasi terbaik di Indonesia8.

Di sini, terdapat De Djawatan, hutan hijau dengan pohon raksasa. Luasnya 3,8 hektar dengan 805 pohon berusia 100-150 tahun8. Dan, jangan lewatkan Umbul Bening, waterpark tinggi 350-450 meter dengan area 8 hektar8.

READ  Tempat Wisata Batam: Destinasi Liburan Populer di Batam

Tempat seru lain adalah Fun World, dibuka sejak 1983 untuk segala usia. Havana Waterpark, Cafe & Resto punya kolam renang dan makanan lezat8.

Ada juga RTH Maron di Genteng Banyuwangi yang ramai di akhir pekan8. Lalu, Banyuwangi Night Amazing dengan tiket murah Rp10.0008. Plus, Kids Playland Vionata menawarkan berbagai permainan dalam ruangan8.

Keindahan Banyuwangi tak cuma di pantainya. Kawah Ijen, Bangsring Underwater, dan Pantai Pulau Merah menawarkan petualangan seru9.

Ingin menginap dekat pantai? Coba Dialoog Banyuwangi yang mewah. Atau, kunjungi Air Terjun Coklak di Glenmore yang dikenal karena efek pelangi9.

Bukit Mondoleko dan Kampung Warna-Warni Kalilo juga patut dikunjungi9. Anda akan terpesona dengan keindahan alamnya9.

Banyuwangi adalah surga wisata dengan berbagai jenis objek menarik10. Dari Kawah Ijen hingga pengalaman budaya lokal, kota ini cocok untuk liburan Anda10.

Taman Nasional Baluran: Savana Afrika di Jawa

Taman Nasional Baluran terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur11. Ini adalah rumah bagi savana mirip Afrika. Di sana, Anda bisa melihat Gunung Baluran dan rusa bebas berlarian, menjadikannya tempat wisata unik12. Destinasi ini sangat populer, baik di kalangan lokal maupun turis asing12.

Keunikan Satwa dan Lanskap Savana

Selama musim kering, dari Mei hingga Oktober, savana di sini gersang. Namun, saat hujan, antara November sampai April, bunga-bunga mekar mempercantik tempat ini12. Taman Nasional Baluran juga punya hutan Evergreen. Di sini, biaya masuk terjangkau dan tersedia banyak hewan. Keindahan alamnya tak tertandingi, terutama pada awal tahun12.

Para pengunjung paling suka mengunjungi Savana Bekol. Spot ini menawarkan pemandangan spektakuler. Ada pohon-pohon besar, gunung, dan beragam satwa liar. Lokasinya juga pernah digunakan sebagai background video klip terkenal12. Dari Menara Pandang, pengunjung bisa menikmati pemandangan luas. Mereka bisa lihat satwa liar seperti ayam hutan, kijang, dan rusa12.

Menikmati Keindahan Pantai Bama

Taman Nasional Baluran tak hanya punya savana, tapi juga Pantai Bama yang cantik13. Pantai ini berada sekitar 8 km dari gerbang masuk. Di sana, pengunjung bisa lihat kera abu-abu ekor panjang dan burung endemik13.

Pantai Bama menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Di sini, sangat bagus untuk menikmati matahari tenggelam dan snorkeling. Pengunjung juga suka ke dermaga Mangrove Bama untuk foto-foto romantis. Derma ini menawarkan pemandangan laut dan hutan mangrove yang terawat12.

Di samping Pantai Bama, ada juga Pantai Bilik Sijie. Pantai ini menawarkan pemandangan indah: ombak tenang, matahari tenggelam, dan Gunung Baluran12. Pantai Balanan juga tak kalah menawan. Lokasinya mungkin terselubung tapi patut dikunjungi. Di sana, ada pasir putih, terumbu karang, dan air yang sangat jernih121113.

Eksplorasi Taman Nasional Alas Purwo

Banyuwangi punya banyak hal menarik, seperti Taman Nasional Baluran dan Alas Purwo14. Alas Purwo terletak di ujung timur Pulau Jawa. Taman ini punya banyak keindahan alam yang menawan14.

Di sini, kamu bisa menikmati pantai yang indah. Ada juga hutan tropis dan flora serta fauna langka14. Jadi, tempat ini sangat kaya akan keanekaragaman hayati.

Savanna Sadengan adalah spot terbaik untuk melihat satwa liar15. Di sini, kamu bisa melihat rusa, banteng, sampai berbagai burung. Hutan mangrove Bedul menambah keindahan Alas Purwo. Kamu bisa naik perahu dan menikmati pemandangan15.

15 Pantai Plengkung, atau G-Land, terkenal di seluruh dunia. Ombaknya tinggi dan cocok untuk peselancar. Ada juga Pantai Pancur dan Pantai Trianggulasi, tempat yang bagus buat menikmati keindahan alam15.

16 Pantai Ngagelan adalah tempat penyu bertelur. Kunjungi antara Mei dan September. Pantai Cungur, di sampingnya, kaya akan burung. Ini jadi daya tarik bagi fotografer dan pecinta burung16.

Alas Purwo tak hanya tentang alam. Ada juga peninggalan budaya yang menarik16. Pura Luhur Giri Salaka masih dipakai untuk ritual Hindu. Goa Istana disebut sebagai tempat meditasi Bung Karno.

READ  Tempat Wisata di Cirebon: Tempat Hits yang Wajib Dikunjungi

Taman Nasional ini menawarkan banyak aktivitas. Mulai dari camping sampai surfing. Karena keindahan alam dan budayanya, Alas Purwo adalah destinasi wisata yang harus dikunjungi di Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah: Sunset Eksotis Banyuwangi

Pantai Pulau Merah adalah tujuan wisata pantai terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur17. Nama pantai ini datang dari pasir dan bukit berwarna merahnya. Ini membuat banyak orang menyebutnya sebagai “Kuta-nya Jawa Timur”. Tempat ini sangat terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang indah, serupa dengan Kuta, Bali18.

Pantai ini memiliki pasir putih yang panjangnya 3 kilometer. Pengunjung bisa berjalan-jalan menikmati alam. Ada juga pulau kecil di dekat bibir pantai yang bisa dikunjungi saat air surut. Hal ini menambah pesona tempat ini18.

Di sini, selain menikmati Pulau Merah, pengunjung bisa berbagai aktivitas seru. Seperti berenang, surfing, memancing, atau snorkeling. Ombaknya setinggi 2 meter, cocok untuk yang baru belajar surfing19.

Tapi, berenang dilarang ketika ombak lebih dari 2 meter. Kecuali untuk peselancar handal19. Pengunjung juga bisa menyewa perlengkapan surfing dan memiliki instruktur untuk bimbingan18.

Pemandangan matahari terbenam di Pantai Pulau Merah benar-benar luar biasa. Antara bulan November dan Februari, pengunjung bisa menyaksikan sunset eksotis berwarna merah. Untuk melihat pemandangan ini, mereka bisa naik ke gardu setinggi 3 meter atau duduk di kursi pantai18.

Pengunjung bisa ke sana dengan kendaraan pribadi atau tur wisata dari Banyuwangi. Harga masuknya cuma Rp 10.000 per orang. Sedangkan parkirnya berkisar dari Rp 2.000 sampai Rp 10.00017.

Bagi yang ingin bermalam, tersedia homestay dengan harga mulai dari Rp 100.000 per malam. Pantai Pulau Merah buka dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB setiap hari191817.

Teluk Hijau: Surga Tersembunyi Berwarna Hijau

Teluk Hijau adalah sebuah tempat yang indah di Banyuwangi20. Itu ada di dalam Taman Nasional Meru Betiri. Di sana, kamu bisa melihat pasir putih dan air laut hijau yang bersih2120.

Keindahan Air Laut Berwarna Hijau Turquoise

Warna laut di Teluk Hijau datang dari alga di bawahnya21. Meski jalan menuju ke sana ada yang sulit, semua keindahan alamnya worth it2120.

Berhubung ombaknya besar, wisatawan tidak disarankan berenang di sana21. Tapi, kamu masih bisa snorkeling dan menikmati bawah lautnya21.

Teluk Hijau berjarak sekitar 84 kilometer dari Banyuwangi21. Perjalanannya akan memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit. Lokasinya ada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur22.

Untuk sampai ke sana, naik perahu dari Pantai Rajegwesi cukup. Biayanya Rp. 35.00022. Tempat laennya yang bisa akses adalah Pantai Sukamade20.

Teluk Hijau adalah destinasi yang asik dikunjungi di Banyuwangi22. Meski sederhana, tempat ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Ada pasir putih, batu karang eeeksotis, pepohonan lebat, dan laut hijau bersih202122.

Petualangan di Pantai Sukamade

Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) adalah tempat yang hebat untuk pecinta alam dan satwa liar. Ini termasuk para penggemar penyu. Di situ, terdapat Pantai Sukamade, destinasi alam yang menakjubkan di Banyuwangi, Jawa Timur23.

Pantai Sukamade dikenal sebagai tempat konservasi penyu. Ada empat jenis penyu yang sering bertelur disana. Mereka adalah Penyu Hijau, Lekang, Belimbing, dan Sisik24. Para wisatawan menikmati melihat penyu bertelur di malam hari dan anak penyu keluar telur di pagi hari23.

Perjalanan menuju Pantai Sukamade memakan waktu sekitar 5 jam, menempuh 90 km dari Banyuwangi. Para penyusuri jalan akan melewati Pantai Rajegwesi dan Teluk Ijo dulu24. Offroad diperlukan karena jalanannya yang berat.

Di saat penyu bertelur, aturan ketat harus diikuti. Jangan berisik dan matikan cahaya. Penyu butuh waktu 2 sampai 3 jam selesai bertelur dan kembali ke laut23.

Pantai Sukamade bukan hanya tentang konservasi penyu. Wisatawan juga bisa menikmati kegiatan pantai. Ini termasuk berjalan-jalan, berenang, atau menikmati pemandangan25.

Jika Anda suka dengan alam dan ingin menjelajahi TNMB, Pantai Sukamade adalah tempat yang pas. Disini, Anda bisa menikmati petualangan dan kecantikan alam. Semua sambil mendukung konservasi penyu yang vital bagi ekosistem pesisir23.

READ  4 Jenis Wisata Keindahan Alam Indonesia yang Harus Dikunjungi

Bangsring Underwater: Wisata Bawah Laut yang Menakjubkan

Banyuwangi’s Bangsring Underwater is a must-visit for sea lovers. In the past, its ocean life suffered due to illegal fishing with bombs and cyanide. These actions also harmed coral reefs. But in 2008, locals changed their ways and started caring for the ocean26.

By 2014, Bangsring was known as a sea tourism spot that cares for nature. It used to welcome about 21,000 visitors yearly. Ten percent of these were from abroad, like Australia and the Netherlands26.

In addition to the stunning underwater views, visitors can try fun activities like snorkeling and diving27. Renting snorkel gear starts at Rp 30,000. Diving with a guide costs Rp 500,00026. But, COVID-19 hit hard, reducing visitors by 70% and leading to a temporary closure26.

Around 68 people rely on Bangsring for their livelihood. This includes parking attendants, ticket sellers, local vendors, guides, and boat staff. The pandemic severely affected them due to the tourism halt26.

27 Bangsring in Banyuwangi became a beautiful tourist village in 2014. Its undersea beauty attracts many. They find various sea creatures among the lovely corals. A floating house there has eight cages, one for shark training27. You can explore and enjoy the underwater world with snorkeling and diving activities. Don’t forget to visit nearby islands. There are places to stay for a comfortable visit27.

28 About 30 kilometers from Banyuwangi’s main city is the scenic Bangsring Beach. The sea is not too deep, perfect for enjoying the underwater views. Since 2008, the Bangsring Underwater organization has been conserving the area28. They regularly clean up the beach, hauling away big trash baskets. There’s a shark attraction, but efforts are made to keep the sharks calm and safe28.

Banyuwangi’s government also plans to build a better road to Bangsring Beach. This will help more tourists visit the area28.

Pulau Tabuhan: Keindahan Pulau Tak Berpenghuni

Anda suka destinasi wisata yang unik dan indah? Pulau Tabuhan di Banyuwangi adalah tempatnya. Pulau ini kecil, hanya 5 hektar29, dan tak berpenghuni. Namun, pesonanya sangat memukau.

Anda akan temui pasir putih bersih29, air laut yang biru29, dan terumbu karang indah29. Ini menjadikan Pulau Tabuhan seperti surga tersembunyi yang layak dijelajahi.

Jaraknya 25 km dari Banyuwangi dan perlu 45 menit ditempuh30. Untuk sampai ke sini, Anda bisa sewa kapal, biayanya Rp 500.000 untuk 10 orang30. Di pulau ini, menikmati berenang, snorkeling, dan memancing sangat seru31.

Jangan lewatkan sunset di Pulau Tabuhan31. Waktu matahari terbenam, panorama indah tercipta. Latar belakang pulau dan birunya laut, sangat menarik31. Tempat ini juga bagus buat foto-foto29.

Anda juga bisa camping, tapi harus ada izin29. Pulau ini cocok untuk kiteboarding29. Angin di sini bagus, sekitar 20-25 knot30. Ideal bagi penggemar olahraga air.

Keindahan Pulau Tabuhan tak hanya di daratan, tapi juga di bawah laut29. Biota laut dan terumbu karangnya sangat bagus29. Snorkeling di sini luar biasa, Anda bisa lihat dunia bawah laut yang cantik. Jadi, rencanakan segera liburan Anda ke sini ya!

pulau tabuhan

De Djawatan: Hutan Hijau yang Menyejukkan

Di Banyuwangi, De Djawatan adalah tempat alam yang unik. Ada hutan dengan pohon trembesi tinggi. Hutan ini di Purwosari, dekat pertigaan kantor Samsat Benculuk32. Dulu, namanya Jawatan Benculuk. Hutan ini dikelola oleh Perhutani KPH Banyuwangi Selatan32.

De Djawatan punya daya tarik khusus. Ada pohon trembesi yang tua, sekitar 100-150 tahun. Atmosfernya seperti Hutan Fangorn di film Lord of The Rings32. Luasnya 9 hektar. Bisa foto-foto, piknik, atau main aktivitas menyenangkan. Misalnya naik kuda, andong, atau offroad pakai motor trail atau ATV33.

Walaupun pengunjung berkurang karena pandemi, De Djawatan masih ramai dikunjungi33. Ini tempat bagus untuk berlibur. Cocok untuk keluarga, teman, atau pasangan. Rasanya seperti di tempat yang tenang dan segar32. Selain keindahan hutan, ada juga fasilitas tambahan. Misalnya warung, kafe, masjid, dan toilet umum34.

Link Sumber

  1. https://www.klook.com/id/blog/tempat-wisata-di-banyuwangi/
  2. https://www.liputan6.com/hot/read/4567780/27-banyuwangi-wisata-yang-wajib-dikunjungi-pesona-alam-dan-budayanya-menakjubkan
  3. https://www.liputan6.com/hot/read/5309823/25-wisata-banyuwangi-paling-populer-dominasi-pesona-alam
  4. https://www.traveloka.com/id-id/activities/article/banyuwangi-103299
  5. https://timesindonesia.co.id/wisata/456649/pesona-api-biru-dan-keajaiban-alam-kawah-ijen-di-perbatasan-banyuwangi
  6. https://banyuwangi.suaraindonesia.co.id/news/news/666820c2c9fb9/Wisata-Banyuwangi-Keajaiban-Kawah-Ijen-dengan-Fenomena-Blue-Fire
  7. https://kawanjelajahtour.com/fakta-unik-gunung-ijen-banyuwangi/
  8. https://www.traveloka.com/id-id/explore/activities/tempat-wisata-di-genteng-banyuwangi-ta/341378
  9. https://www.orami.co.id/magazine/wisata-banyuwangi?page=all
  10. https://www.tourbanyuwangi.com/tempat-wisata-banyuwangi-populer-destinasi-wisata-banyuwangi-terbaik/
  11. https://travel.kompas.com/read/2023/08/23/110800027/5-tempat-wisata-di-taman-nasional-baluran-ada-sabana-dan-pantai
  12. https://www.yukbanyuwangi.co.id/bersafari-di-taman-nasional-baluran-si-afrika-van-java.html
  13. https://pariwisata.situbondokab.go.id/wisata/taman-nasional-baluran
  14. https://banyuwangi.viva.co.id/wisata/2116-menyelusuri-keindahan-alam-primitif-eksplorasi-wisata-taman-nasional-alas-purwo
  15. https://www.liputan6.com/surabaya/read/4220018/9-spot-wisata-di-taman-nasional-alas-purwo-banyuwangi-yang-memesona
  16. https://banyuwangipaketwisata.com/destinasi-wisata-taman-nasional-alas-purwo-banyuwangi/
  17. https://torch.id/blogs/news-and-updates/berlibur-ke-pantai-merah-banyuwangi
  18. https://radarmadura.jawapos.com/food-travel/744623940/5-fakta-menarik-tentang-pantai-pulau-merah-di-banyuwangi-surga-peselancar-di-timur-pulau-jawa
  19. https://labirutour.com/obyek-wisata/banyuwangi-pantai-pulau-merah
  20. https://banyuwangipaketwisata.com/pantai-teluk-hijau-banyuwangi/
  21. https://travel.kompas.com/read/2022/05/28/101000827/pantai-teluk-hijau-banyuwangi-surga-tersembunyi-dengan-air-laut-berwarna
  22. https://labirutour.com/obyek-wisata/banyuwangi-pantai-teluk-hijau
  23. https://www.arahdestinasi.com/indonesia/read/1322/petualangan_menuju_pantai_sukamade_banyuwangi
  24. https://www.tourbanyuwangi.com/wisata-sukamade-banyuwangi-pantai-sukamade-banyuwangi-penyu-di-sukamade-taman-nasional-meru-betiri/
  25. https://pariwisatabanyuwangi.com/tempat-wisata-petualangan-banyuwangi/
  26. https://regional.kompas.com/read/2021/08/28/120806378/menyelami-bangsring-underwater-dulu-rusak-karena-bom-ikan-kini-tawarkan?page=all
  27. https://www.merdeka.com/jatim/menjelajahi-desa-bangsring-banyuwangi-dulunya-daerah-tertinggal-kini-jadi-spot-wisata-laut-favorit-59956-mvk.html
  28. https://www.mongabay.co.id/2016/03/27/ke-banyuwangi-cobalah-keindahan-bawah-laut-pantai-bangsring/
  29. https://www.exploreijen.com/2021/05/wisata-pulau-tabuhan.html
  30. https://regional.kompas.com/read/2022/05/26/141845178/pulau-tabuhan-obyek-wisata-di-banyuwangi-daya-tarik-dan-rute?page=all
  31. https://banyuwangipaketwisata.com/pulau-tabuhan-banyuwangi/
  32. https://www.liputan6.com/regional/read/5410284/berlibur-ke-hutan-wisata-de-djawatan-banyuwangi-serasa-berkeliling-ke-hutan-fangorn-the-lord-of-the-rings
  33. https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5314977/hutan-de-djawatan-tempat-hijau-instagrammable-kebanggaan-banyuwangi
  34. https://ongistravel.com/de-djawatan-tempat-wisata-di-banyuwangi/

Putri Lestari

Seorang perempuan yang hobby travelling dan menulis. Suka berbagi tips dan manfaat kepada orang-orang yang juga memiliki passion yang sama dengan saya.

Related Articles

Back to top button