Indonesia

Tempat Wisata Batam: Destinasi Liburan Populer di Batam

Saya senang menjelajah nusantara dan Batam selalu menarik perhatian saya. Kota ini penuh dengan tempat wisata yang tidak akan membuatmu bosan. Jaraknya yang cukup dekat dari Singapura dan Malaysia membuatnya jadi pilihan wisata yang istimewa1.

Batam memiliki segalanya, mulai dari resort mewah, pantai yang indah, dan wisata sejarah yang menarik. Jangan lupa mencoba kuliner khas Melayu seperti seafood segar. Restoran-restoran di Batam menawarkan berbagai macam kuliner lezat ini1.

Terletak di Kepulauan Riau, Batam dikenal sebagai tujuan liburan terfavorit di Indonesia. Wisatawan dapat menikmati banyak objek wisata menarik di sini. Bagi yang ingin merasakan atmosfer baru, Batam adalah pilihan yang tepat1.

Jembatan Barelang: Ikon Pariwisata Kota Batam

Jembatan Barelang adalah ikon penting di Batam, Kepulauan Riau. Nama “Barelang” berasal dari kepulauan terhubung Jakarta, yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini memiliki tujuh jembatan yang indah dan berbeda pandangannya di setiap satu2. Jembatan ini juga dikenal sebagai “Jembatan Habibie” atas bantuan pembangunan dari Presiden ketiga RI, B.J. Habibie3. Sekarang, Jembatan Barelang adalah simbol Kota Batam dan terkenal sebagai markah tanah2.

Sejarah dan Keunikan Jembatan Barelang

Pembangunan jembatan ini menghubungkan enam pulau dan butuh waktu 6 tahun, dari 1992 hingga 1998. Biayanya mencapai Rp 400 miliar4. Jembatan ini panjangnya 540 meter dan terdiri dari enam bagian. Setiap jembatannya diberi nama unik, seperti Jembatan Tengku Fisabilillah dan Jembatan Sultan Zainal Abidin4. Dari atas jembatan, kita bisa melihat laut yang indah dan tenang2.

Aktivitas Seru di Sekitar Jembatan Barelang

Selain pemandangan menakjubkan, Jembatan Barelang juga menawarkan berbagai kegiatan menarik. Dari Bandara Hang Nadim, kita bisa sampai di jembatan dalam waktu 40-45 menit. Dari Pelabuhan Batam Center, perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit4. Di sekitar jembatan, kita bisa menikmati kuliner enak dengan menu seafood dan makanan lokal lainnya2. Ada layanan foto instan juga, sempurna untuk menyimpan momen istimewa saat berkunjung3.

Jembatan Barelang adalah destinasi populer di Batam. Ia menarik wisatawan baik lokal maupun asing3. Dengan keindahan dan berbagai aktivitas, jembatan ini adalah tempat yang harus kita kunjungi saat di Batam.

READ  4 Jenis Wisata Keindahan Alam Indonesia yang Harus Dikunjungi

Pesona Wisata Alam Taman Rusa Sekupang

Taman Rusa Sekupang adalah destinasi alam baru di Kota Batam. Ini menawarkan kegembiraan untuk pengunjung. Terletak di Tanjung Pinggir, Sekupang, Kota Batam, kawasan ini sangat luas, sekitar 12,2 hektare5. Di sini, terdapat hewan-hewan menarik seperti rusa, kelinci, burung merpati, dan angsa5.

Pengunjung bisa menikmati indahnya alam. Juga bisa melihat berbagai satwa. Taman ini punya banyak tempat untuk berfoto, misalnya Stonehenge tiruan, rumah pohon, dan tugu bambu5. Pengunjung juga bisa belajar tentang tanaman hidroponik dan cara membuat pupuk kompos5.

Taman ini bukan cuma tempat olahraga. Tempatnya sudah berkembang jadi kebun binatang mini oleh BP Batam5. Ada banyak kegiatan seperti selfie dan jelajah taman edukasi6.

Di Sekupang ada tempat menarik lainnya, Taman Kolam Sekupang. Di sini, pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati taman bermain anak. Ada juga lapangan olahraga dan jalur jogging6.

Taman Rusa Sekupang jadi tempat wajib kunjung di Batam berkat fiturnya yang ramah pengunjung7. Fitur baru seperti area bermain anak dan teknologi ramah lingkungan meningkatkan kenyamanan7.

Tempat Wisata Batam: Kemegahan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batam adalah tujuan wisata religi favorit. Picunya arsitektur megah sangat menakjubkan. Dibuat untuk menampung 25 ribu jemaah, masjid ini sangat luas dan disebut masjid terbesar di Sumatera serta keempat terbesar di Indonesia8.

Arsitektur dan Sejarah Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Desain Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah campur aduk dari Arab, Turki, hingga Melayu. Dikelilingi enam menara, termasuk satu menara pandang setinggi 99 meter8. Terletak di Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, masjid ini punya lahan luas. Luas bangunannya sendiri mencapai 41.422 meter persegi8. Ada juga kubah utama yang menjadi yang terluas di Indonesia, tingginya mencapai 63 meter8.

Fasilitas dan Aktivitas di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Masjid ini tidak hanya tempat ibadah, tapi juga destinasi wisata religi8. Pengunjung bisa naik lift ke puncak menara untuk lihat pemandangan Batam8. Banyak yang tertarik, bukan hanya dari Batam tapi juga negara lain, seperti Malaysia, Singapura, hingga Amerika Serikat8.

Di sini juga sering diadakan shalat Jumat dipimpin oleh imam terkenal. Beberapa di antaranya adalah Ustaz H. Sufyan Muttaqin dan Ustaz Syamsul Efendi9. Meski luas untuk ibadah, masjid ini juga cocok untuk jadi tempat rekreasi religi keluarga di Batam8.

Alun-alun Dataran Engku Putri: Ruang Publik Kota Batam

Di tengah Kota Batam, alun-alun Dataran Engku Putri menjadi tempat favorit. Pengunjung bisa menikmati keindahan kota sekitar. Kawasan ini dekat dengan tempat penting seperti kantor pemerintahan dan pusat bisnis10.

Di alun-alun ini, berbagai aktivitas menarik siap memanjakan pengunjung. Ada area olahraga, taman skate, hingga tempat panjat tebing. Pengunjung suka jogging di sini, terutama pada pagi dan sore hari1011.

READ  Tempat Wisata di Pekanbaru: Jelajahi Keindahan Alamnya

Aktivitas Seru di Alun-alun Dataran Engku Putri

Alun-alun dataran engku putri bukan hanya tempat bersantai. Sering digunakan untuk acara-acara spesial. Misalnya, upacara bendera saat 17 Agustus untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia12.

Ada banyak lapangan olahraga di sini. Mulai dari basket, sepak bola, hingga area skateboard. Pengunjung juga bisa santai, berjalan, atau bersepeda di sekitar alun-alun12.

Pada 2014, alun-alun dataran engku putri menjadi tuan rumah MTQ Nasional. Acara ini berlangsung selama 10 hari. Diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia12.

alun-alun dataran engku putri

Museum Raja Ali Haji: Menelusuri Sejarah Batam

Apakah Anda ingin tahu tentang sejarah Kota Batam? Kunjungi Museum Raja Ali Haji. Di sini, Anda bisa lihat artefak dan informasi sejak zaman Kesultanan Riau-Lingga. Sampai masa kini13.

Museum ini sudah dikunjungi oleh 9.000 orang tahun ini. Antara Januari hingga Juni 2023, ada 9.133 kunjungan. Siswa, mahasiswa, hingga wisatawan asing datang ke sini. Batam adalah tempat kedua terbaik bagi turis asing setelah Bali13.

Museum dibuka publik sejak Desember 2020, saat ulang tahun Batam ke-191. Tujuannya untuk mengajarkan sejarah Batam ke masyarakat dan siswa. Supaya mereka tahu bagaimana Batam berkembang dari dulu13.

Di Museum Raja Ali Haji, Anda bisa lihat artefak sejarah. Mulai dari zaman Kesultanan Riau-Lingga, zaman kolonial Belanda, sampai masa kemerdekaan. Mereka terus menambah koleksi lewat bantuan masyarakat dan kolektor lokal14.

Museum ini punya sertifikat tipe B dari Kementerian. Menunjukkan bahwa museum ini adalah tempat wisata sejarah yang baik di Batam. Anda juga bisa lihat benda-benda bersejarah seperti Lilin Sambang. Ini adalah sebagian dari warisan budaya Melayu yang mereka simpan14.

Ada koridor di museum dengan foto-foto lama dari era Belanda dan lainnya. Museum Raja Ali Haji memanggil masa Lampau Kota kita. Ini membuat pengunjung lebih menghargai budaya dan sejarah14.

Museum ini juga populer di kalangan siswa untuk belajar. Sebanyak 70 siswa dari SD Negeri 001 Sungai Beduk dan 80 dari SD Negeri 012 Nongsa sudah berkunjung. Kepala SDN 001 Sei Beduk bilang akan ada 700 siswa yang mengunjungi15.

Dengan semua yang ditawarkan, Museum Raja Ali Haji adalah tempat istimewa untuk dikunjungi di Batam. Museum ini jembatan antara masa lalu dan sekarang. Mereka ingin membangun apresiasi pada warisan budaya Batam14.

Kebun Raya Batam: Surga Kecil Bagi Pecinta Alam

Bagi pecinta alam, Kebun Raya Batam adalah tempat yang harus dikunjungi di Kota Batam. Letaknya di Jalan Hang Lekiu, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, taman ini sangat indah16.

Koleksi Tanaman dan Fasilitas di Kebun Raya Batam

Di Kebun Raya Batam, terdapat banyak kekayaan alam yang beragam. Ada sekitar 2.500 tumbuhan dari 28 famili berbeda. Juga, terdapat 149 genus, 193 jenis, dan 824 spesies tanaman16.

READ  Tempat Wisata di Binjai: Eksplorasi Tempat-Tempat Menarik

Pengunjung tidak hanya bisa menjelajah. Mereka juga bisa menikmati pemandangan dari atas dengan botanical viewing tower dan botanical skyway. Kebun Raya Batam juga punya danau buatan, kolam air, dan gazebo untuk komplemen fasilitasnya.

Kebun Raya Batam adalah destinasi wisata alam yang hebat di Kota Batam. Bagi pecinta tanaman, taman ini adalah surga. Mereka bisa menikmati keindahan dari ratusan tanaman langka dan unik.

Buat yang mau berlama-lama, Kebun Raya Batam menawarkan berbagai aktivitas. Misalnya berjalan-jalan di jalan setapak, bersepeda, atau ikut tur. Tur itu untuk belajar tentang berbagai tanaman di sana16. Jangan sampai ketinggalan waktu untuk mengunjungi taman botanik Batam ini.

Kuliner Seafood Tanjung Piayu: Nikmat Lezatnya Hidangan Laut

Tanjung Piayu di Batam adalah tempat yang dikenal karena makanan lautnya. Ada banyak restoran yang menawarkan hidangan hasil laut segar. Mereka memiliki paket hemat, nice seafood, sampai menu spesial seperti piayu dan gonggong17.

Love Seafood Piayu populer di sana, menawarkan seafood dengan harga sekitar Rp100.000 per orang17. Juga, jangan lewatkan Rezeki Seafood Restaurant dekat Bandara Hang Nadim Batam yang pas untuk mampir saat transit17.

Barelang Seafood Restaurant di sini mempunyai tempat makan luas. Ada 63 meja utama dan 9 meja VIP, ideal untuk pernikahan atau ulang tahun17. Golden Prawn terkenal dengan udangnya yang enak, sering ada paket makan sepuasnya17.

Sei Enam Restaurant juga patut dikunjungi. Mereka punya hidangan laut bervariasi seperti udang dan ikan, semua dengan rasa lezat17.

Di samping itu, RM Sea Food Jawa Melayu punya harga yang ramah. Beberapa hidangannya meliputi Gonggong dan Udang Mentega18.

Oh iya, banyak restoran seafood lainnya di Batam. Ada di sejumlah kawasan pesisir tepatnya, yang menawarkan hidangan lezat seperti di RM Sea Food Jawa Melayu di Tanjung Piayu18.

Sejumlah makanan khas Kepulauan Riau juga layak dicoba. Misalnya, Kapis dan Cumi Saus Hitam. Varian rasa di sana sangat unik, termasuk Sup Ikan19.

Nasi Lemak sangat dicari sebagai sarapan. Cumi Saus Hitam dan Ikan Asam Pedas juga populer di sana19.

Bagi pecinta makanan laut, Tanjung Piayu di Batam adalah tempat yang tepat. Nikmati hidangan laut yang lezat di sini bersama keluarga dan teman-teman.

Tempat Wisata Batam: Keindahan Pulau Belakang Padang

Pulau Belakang Padang adalah destinasi wisata terkenal di Batam. Tepatnya, terletak dekat Singapura hanya sejauh kurang dari 10 km20. Pulau ini menawarkan pemandangan alam yang indah. Dari Kota Batam, waktu perjalanan ke sana hanya 15-20 menit menggunakan kapal21.

Aktivitas Seru di Pulau Belakang Padang

Di Pulau Belakang Padang, banyak aktivitas menarik yang bisa dinikmati. Mencoba becak untuk menjelajah merupakan pengalaman yang unik. Tarifnya cuma Rp 7.000 per orang untuk jarak sekitar 1 km22. Pengunjung juga bisa naik ojek untuk melihat pemandangan Singapura dari Bukit Jepang, dengan tarif yang sama22.

Di pulau ini juga ada kegiatan bekarang yang seru. Satu sesi bekarang bisa memperoleh 1-1,5 kg udang. Udang-udang ini bisa dijual Rp 40.000-Rp 50.000 per kilo22. Jika tertarik ke Pulau Sambu, pengunjung bisa naik pancung dengan membayar Rp 5.000 saja22.

Link Sumber

  1. https://www.detik.com/sumut/wisata/d-6782350/8-destinasi-wisata-populer-di-batam-yang-wajib-dikunjungi
  2. https://wonderfulimages.kemenparekraf.go.id/read/1220/dua-destinasi-wisata-ikonik-di-batam-bukit-welcome-to-batam-dan-jembatan-barelang
  3. https://www.detik.com/sumut/wisata/d-6441693/jembatan-barelang-destinasi-wisata-ikonik-di-kota-batam
  4. https://www.hariankepri.com/jembatan-barelang-destinasi-wisata-ikonik-di-kota-batam/
  5. https://regional.kompas.com/read/2023/06/08/165736778/taman-rusa-sekupang-di-batam-daya-tarik-harga-tiket-dan-rute
  6. https://travel.kompas.com/read/2024/04/04/160400527/7-tempat-wisata-di-sekupang-batam-banyak-tempat-indah
  7. https://bpbatam.go.id/tambah-daya-tarik-bp-batam-bangun-kolam-ikan-di-taman-rusa-sekupang/
  8. https://www.hariankepri.com/2-masjid-megah-di-batam-destinasi-wisata-religi-sekaligus-bisa-untuk-melihat-singapura/
  9. https://masjidsultan.org/
  10. https://www.uib.ac.id/batam-dan-sekitarnya/
  11. https://menixnews.com/dataran-engku-putri-wujud-impian-warga-batam-yang-rindu-public-space-modern-dan-nyaman-2/
  12. https://gowest.id/dataran-engku-putri-batam-center-pusat-aktifitas-warga-batam/
  13. https://disbudpar.batam.go.id/2023/07/28/kunjungan-ke-museum-batam-raja-ali-haji-capai-9-000-pengunjung-mulai-januari-hingga-juni/
  14. https://marwahkepri.com/2023/04/06/museum-batam-raja-ali-haji-wisata-sejarah-melayu-ditengah-kota-batam/
  15. https://disbudpar.batam.go.id/2023/02/01/museum-batam-jadi-destinasi-edukasi-budaya-dan-wisata-favorit-di-kota-batam/
  16. https://infokalteng.id/wisata-alam-terbaik-di-batam-surga-tersembunyi-kepulauan-riau/
  17. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/liana-fransiska-rambe/referensi-tempat-makan-seafood-di-batam-exp-c1c2
  18. https://www.linasasmita.com/2020/01/restoran-sea-food-jawa-melayu-tanjung-piayu.html
  19. https://cucum.my.id/2019/08/15/berkunjung-ke-batam-coba-10-makanan-lezat-ini/
  20. https://www.timesumut.com/wisata/105212707404/mnelusuri-keindahan-pulau-belakang-padang-batam-di-provinsi-riau
  21. https://www.pesisir.net/pulau-belakang-padang-batam
  22. https://batam.tribunnews.com/2017/11/14/11-aktivitas-ini-jangan-dilewatkan-saat-berwisata-ke-belakangpadang-nomor-2-dan-7-paling-diminati?page=all

Putri Lestari

Seorang perempuan yang hobby travelling dan menulis. Suka berbagi tips dan manfaat kepada orang-orang yang juga memiliki passion yang sama dengan saya.

Related Articles

Back to top button